Struktur Kontrol Perulangan

Struktur kontrol pengulangan
Pada Java kita mengenal control pengulangan yaitu ketika kita memiliki blok program yang akan di ulangi sesuai kondisi tertentu maka kontrol pengulangan adalah solusi nya. Kontrol Perulangan ini kita dapat menentukan batas awal dan batas akhir perulangan tersebut. Berikut kontrol perulangan yang ada di Java :
·         For
Struktur control pengulangan FOR secara  prinsip merupakan perulangan yang menyimpan variable counter sendiri , variable counter tersebut dapat kita dikurangi atau di tambahi sesuai kondisi yang diinginkan, variable counter tidak akan di lanjutkan ketika variable awal perulangan sudah terpenuhi.
FlowChart
Description: FLFor
Struktur Penulisan
1
2
3
4
5
6
For(inisialisasi;kondisi;interaksi)
{Statmen;}
Ket :
*inisialisasi = menetukan batas awal perulangan
*kondisi = kondisi yang harus terpenuhi untuk perulangan
*interaksi = penambahan atau pengurangan inisialisaisi
Contoh Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
/*
*1377004
*Yudistira Akbar
*bluez_dis@yahoo.com
**/public class KontrolPerulanganFor
{
public static void main (String[]args)
{
for(int i = 1;//inisialisasi
i<=5;//kondisi
i++//interaksi penambahan
)
{//awal perulangan FOR
System.out.println("Perulangan yang ke "+ i);//statmen
}//akhir perulangan FOR
}
}
Out put Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
ÏÏ«Ï ----jGRASP exec: java KontrolPerulanganFor
ÏϧÏ
ÏϧÏPerulangan yang ke 1
ÏϧÏPerulangan yang ke 2
ÏϧÏPerulangan yang ke 3
ÏϧÏPerulangan yang ke 4
ÏϧÏPerulangan yang ke 5
ÏϧÏ
ÏÏ©Ï ----jGRASP: operation complete.<b></b></td>
·         While
Kontrol perulangan while ini akan mengeksekusi blok perulangan selama kondisi terpenuhi atau berisikan true.
FlowChart
Description: FLwhile
Struktur Penulisan
1
2
3
4
5
6
7
Inisialisasi;
while(kondisi)
{Statmen;Interaksi;}
Ket :
*inisialisasi = menetukan batas awal perulangan
*kondisi = kondisi yang harus terpenuhi untuk perulangan
*interaksi = penambahan atau pengurangan inisialisaisi
Contoh Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
/*
*1377004
*Yudistira Akbar
*bluez_dis@yahoo.com
**/public class KontrolPerulanganWhile
{
public static void main (String[]args)
{
int i = 1;//inisialisasi
while(i&lt;=5)//kondisi
{//awal perulangan FOR
System.out.println("Perulangan yang while ke  "+ i);//statmen
i++;//interaksi penambahan
}//akhir perulangan FOR
}
}
Out put Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
ÏÏ«Ï ----jGRASP exec: java KontrolPerulanganWhile
ÏϧÏ
ÏϧÏPerulangan yang while ke  1
ÏϧÏPerulangan yang while ke  2
ÏϧÏPerulangan yang while ke  3
ÏϧÏPerulangan yang while ke  4
ÏϧÏPerulangan yang while ke  5
ÏϧÏ
ÏÏ©Ï ----jGRASP: operation complete
·  Do While
FlowChart
Description: FLDoWhile
Struktur Penulisan
1
2
3
4
5
6
7
8
Inisialisasi;
do
{Statmen;Interaksi;}
while(kondisi)
Ket :
*inisialisasi = menetukan batas awal perulangan
*kondisi = kondisi yang harus terpenuhi untuk perulangan
*interaksi = penambahan atau pengurangan inisialisaisi
Contoh Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
/*
*1377004
*Yudistira Akbar
*bluez_dis@yahoo.com
**/public class KontrolPerulanganWhileDo
{
public static void main (String[]args)
{
int i = 1;//inisialisasi
do
{//awal perulangan FOR
System.out.println("Perulangan yang while Do ke  "+ i);//statmen
i++;//interaksi penambahan
}//akhir perulangan FOR
while(i&lt;=5);//kondisi
}
}
Out put Program

1
2
3
4
5
6
7
8
9
ÏÏ«Ï ----jGRASP exec: java KontrolPerulanganWhileDo
ÏϧÏ
ÏϧÏPerulangan yang while Do ke  1
ÏϧÏPerulangan yang while Do ke  2
ÏϧÏPerulangan yang while Do ke  3
ÏϧÏPerulangan yang while Do ke  4
ÏϧÏPerulangan yang while Do ke  5
ÏϧÏ
ÏÏ©Ï ----jGRASP: operation complete

Komentar